7 Tips Mengatasi Konstipasi (Sembelit) Manjur

Anda merupakan salah satu dari sekian banyak orang yang menderita konstipasi? Bingung cara mengatasinya? Lakukan 7 Tips Mengatasi Konstipasi (Sembelit) Manjur Ini

Memahami Lebih Dalam Mengenai | Penyakit Konstipasi

Konstipasi atau sembelit merupakan kondisi sulit buang air besar secara teratur, tidak bisa benar-benar tuntas atau tidak bisa sama sekali. Secara umum seseorang bisa dianggap mengalami konstipasi apabila buang air besar kurang dari 3x dalam seminggu.

Tiap penderita bisa mengalami konstipasi dengan tingkat keparahan yang berbeda-beda. Ada yang mengalaminya untuk waktu singkat dan ada juga yang jangka panjang atau kronis. Konstipasi kronis biasanya menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman yang bisa memengaruhi rutinitas sehari-hari.

 Gejala Konstipasi

Gejala utama dari konstipasi adalah kesulitan untuk buang air besar dengan frekuensi yang lebih jarabng dari biasanya (kurang dari 3x minggu sekali). Sementara sejumlah tanda-tanda yang umum menyertai gejala utama yaitu :

  • Harus mengejan saat buang air besar
  • Proses buang air besar yang terasa tidak tuntas
  • Tinja terlihat kering, keras atau bergumpal
  • Ukuran tinja bisa lebih besar atau sangat kecil
  • Terasa ada yang mengganjal pada rektum
  • Sakit dan kram perut terutama pada perut bagian bawah
  • Perut terasa kembung
  • Mual
  • Dan Tidak nafsu makan.

7 Tips Mengatasi Konstipasi (Sembelit) Manjur

Banyak sekali metode pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengobati konstipasi atau sembelit ini, apabila anda ingin melakukan pengobatan yang alami, aman, mudah dan murah maka 7 Tips Mengatasi Konstipasi (Sembelit) Manjur solusinya, diantaranya yaitu :

1. Memperbanyak Mengkonsumsi Air

Tinja yang kering dan keras merupakan penyebab konstipasi pada umumnya, jadi semakin banyak air yang anda minum akan semakin mudah anda mengeluarkannya. Memperbanyak minum air sangat penting khususnya apabila anda meningkatkan asupan serat dalam diet anda.

  • Pria sebaiknya minum paling tidak 13 cangkir atau 3 liter cairan dalam sehari. Wanita sebaiknya minum paling tidak 9 cangkir atau 2,2 liter cairan setiap hari
  • Hindari minuman berkafein atau beralkohol saat Anda mengalami konstipasi. Minuman berkafein seperti kopi dan soda, juga alkohol merupakan diuretika. Diuretika akan menyebabkan tubuh Anda mengalami dehidrasi dengan menarik cairan keluar melalui peningkatan berkemih. Hal ini dapat memperparah konstipasi
  • Cairan lainnya, seperti jus, kaldu bening, dan teh herbal merupakan sumber cairan yang baik. Hindarilah teh berkafein. Jus pir dan apel merupakan laksatif ringan yang alami.

2. Hindari Keju dan Produk Olahan Susu

Keju dan produk olahan susu biasanya mengandung laktosa yang senstitif bagi beberapa orang. Laktosa bisa menimbulkan gas, perut kembung dan konstipasi bagi beberapa orang. Apabila anda mengalami masalah konstipasi maka kurangilah keju, susu dan sebagian besar produk olahan susu lainnya dari diet hingga anda merasa lebih baik.

  • Pengecualiannya adalah yoghurt, terutama yoghurt yang mengandung probiotik hidup. Yoghurt yang mengandung probiotik seperti Bifidobacterium longum atau Bifidobacterium animalis telah terbukti dapat membantu pengeluaran tinja yang lebih sering dan mengurangi rasa sakitnya.

3. Perbanyak Olahraga

Kurang olahraga bisa menyebabkan usus anda menjadi lemah sehingga sulit untuk mengeluarkan kotoran secara teratur. Gaya hidup yang tidak banyak bergerak bisa mempengaruhi pencernaan dan menyebabkan konstipasi. Cobalah untuk berolahraga sedang paling tidak 3-4 dalam seminggu.

  • Berjalan, bersepeda, jogging, dan yoga adalah pilihan yang bagus. Bahkan olahraga selama 10 – 15 menit setiap hari dapat membantu Anda buang air lebih teratur.

4. Mengkonsumsi Minyak Jarak

Saat anda mengalami konstipasi, minyak jarak bisa membantu anda menstimulasikan usus anda. Minyak ini juga akan melumasi usus anda sehingga tinja bisa keluar dengan lebih mudah.

  • Minyak jarak dianggap aman secara umum. Akan tetapi hanya boleh minum sesuai dosis yang disarankan. Anda harus berkonsultasikan dengan dokter apabila anda mengalami radang usus buntu atau penyumbatan usus. Jangan gunakan minyak jarak apabila anda sedang hamil
  • Minyak jarak dapat menyebabkan beragam efek samping langka, tetapi tidak nyaman jika diminum terlalu banyak. Kelebihan dosis minyak jarak dapat menyebabkan kram perut, pusing, pingsan, mual, diare, ruam kulit, sesak napas, nyeri dada, dan rasa tercekik di tenggorokan. Hubungilah unit gawat darurat jika Anda minum minyak jarak terlalu banyak
  • Perhatikanlah bahwa minyak ikan dapat “menyebabkan” konstipasi. Terkecuali jika disarankan oleh dokter Anda, jangan minum suplemen minyak ikan untuk meredakan konstipasi.

5. Hindari Makanan Yang Sudah Diproses

Makanan yang telah diproses dan makanan cepat saji bisa menyebabkan konstipasi kronis. Makanan seperti ini sering kali mengandung lemak tinggi dan rendah serat dan tidak mengandung banyak nutrisi. Makanan yang harus dijauhi diantaranya yaitu :

  • Serealia yang telah diproses. Roti putih, kue, pasta dan sereal sarapan seringkali dibuat dari tepung yang telah kehilangan banyak kandungan serat dan nutrisi. Pilihlah serealia utuh sebagai gantinya.
  • Makanan cepat saji. Makanan dengan kandungan lemak dan gula tinggi dapat menyebabkan konstipasi. Tubuh Anda akan mencoba mendapatkan kalori dari lemak terlebih dahulu, yang lambat dicerna
  • Sosis, daging merah dan daging olahan sering kali mengandung lemak dan garam yang tinggi. Carilah daging rendah lemak seperti ikan, ayam dan kalkun
  • Keripik kentang, kentang goreng, dan makanan lain yang tidak banyak mengandung nutrisi, sangat rendah kandungan seratnya. Pilihlah ubi jalar panggang atau bakar, atau popcorn sebagai gantinya.

6. Masukkan Yoghurt Ke Dalam Diet Anda

Yoghurt mengandung kultur bakteri hidup(peobiotik) yang mencipatakan lingkungan yang sehat bagi sistem pencernaan agar tetap sehat dan buang air secara teratur. Cobalah untuk menambahkan secangkir yoghurt ke dalam diet anda.

  • Bakteri di dalam yoghurt diperkirakan mampu untuk mengubah mikroflora dalam usus. Hal ini akan mengurangi waktu yang diperlukan oleh makanan anda untuk dicerna dan mengalir keluar sistem pencernaan
  • Periksalah label kemasannya untuk memastikan yoghurt yang Anda beli mengandung “kultur aktif” bakteri hidup. Tanpa kultur hidup, yoghurt tidak akan menghasilkan efek yang sama.
  • Makanan hasil fermentasi dan mengandung bakteri hidup lainnya adalah kombucha, kimchi dan sauerkraut juga mengandung bakteri hidup yang membantu pencernaan dan meredakan konstipasi.

Rekomendasi Pengobatan Konstipasi Secara Herbal


Ingin Mencegah dan Mengobati Konstipasi Secara Herbal? Yang Aman Dan Tidak Menimbulkan Efek Samping? Obat Herbal Konstipasi Ini Solusi Terbaiknya~!


 7 Tips Mengatasi Konstipasi (Sembelit) Manjur yang terakhir adalah dengan mencoba menggunakan obat herbal. Mengapa harus menggunakan produk herbal? Karena produk herbal terbuat dari bahan-bahan alami tanpa adanya bahan kimia sedikitpun sehingga akan sangat aman dikonsumsi tanpa menimbulkan efek samping. Kami sangat merekomendasikan untuk menggunakan Obat Herbal Konstipasi yang sudah sangat terbukti sangat efektif dan manjur untuk mencegah dan mengobati Konstipasi secara ALAMI, AMAN, CEPAT dan TANPA EFEK SAMPING dengan HARGA yang sangat TERJANGKAU. Menggunakan Obat Herbal Konstipasi merupakan solusi yang sangat tepat. Obat Herbal ini sudah sangat terpercaya dan terjamin khasiatnya. Tidak hanya itu Obat Herbal Konstipasi ini juga terbuat dari bahan-bahan yang 100% alami pilihan dan tidak menggunakan bahan kimia sedikitpun sehingga akan sangat aman untuk dikonsumsi semua kalangan usia dari anak-anak hingga lanjut usia. Untuk Lebih lengkap klik disini.

Mau tau info lebih lanjut? >>Klik Disini<<

Obat Herbal Konstipasi

Layanan Konsultasi dan Pemesanan Buka 24 Jam

Best Regards, Berkah Walatra

Ilham Nur Rizki Muharram
Hotline : 081320494019(Telp.SMS)- 085261436601 (WhatsApp)- 5D55CD3A (BBM)
Jl. Noenoeng Tisna Saputra, Kota Tasikmalaya, 46115 Indonesia.

VN:F [1.9.20_1166]
Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
VN:F [1.9.20_1166]
Rating: 0 (from 0 votes)

Artikel Pencarian :

    no tlfn apotik herbal batujajar

Artikel Lainnya :

CS Berkah Walatra

CS Berkah Walatra

Pusat Penjualan Produk Original Dari PT. Berkah Walatra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: